Minggu, 26 September 2010

Tips perkalian dengan menggunakan garis vertikal dan horizontal

Rekan-rekan guru yang saya cintai, pada postingan lalu saya sudah memberikan tips perkalian dengan menggunakan jari tangan. Perkalian tersebut hanya berkisar di antara angka 6 s/d 10. Sudah barang tentu perkalian tersebut hanya berlaku untuk kelas tinggi yakni kelas 4, 5 dan 6. Bagaimana dengan kelas rendah? Perkalian untuk kelas rendah tentu berkisar pada angka 1 s/d 5. Nah, kali ini saya akan memberikan tips perkalian 1 s/d 5 untuk kelas rendah dengan menggunakan garis vertikal dan horizontal.
Tanpa basa-basi mari kita praktekkan ...!

Contoh : 3 x 4
  • Untuk angka 3 buatlah garis vertikal sebanyak 3 buah garis dan untuk angka 4 buatlah garis horizontal sebanyak 4 garis. (lihat gambar di bawah ini)

  • Langkah selanjutnya, hitunglah banyaknya perpotongan garis vertikal dan horizontal, (lihat gambar di bawah ini)
  • Jumlah perpotongan antara garis vertikal dan horizontal sesuai gambar di atas sebanyak 12, jadi hasil perkalian antara 3 x 4 = 12.
Tips ini mudah sekali untuk diterapkan untuk kelas rendah, karena tidak membutuhkan memori bagi siswa yang harus menghafal perkalian 1 s/d 5. Namun jika cara ini sering diterapkan, mudah-mudahan siswa akan merasa senang dan otomatis akan menghafal perkalian-perkalian tersebut.


Selamat mencoba semoga bermanfaat, terima kasih.




Artikel Terkait:

2 komentar: